Sebagai salah satu objek wisata menarik di Cirebon, rasanya tidak lengkap apabila anda tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton ini dulunya bernama “Keraton Pakungwati”. Keraton ini didirikan oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin, cicit dari Sunan Gunung Jati. Sebagai keraton pertama yang ada di Cirebon, keraton ini memiliki peran yang besar dalam perjalanan panjang membangun ekonomi dan budaya Cirebon. Banyak sejarah penting yang tersimpan dalam keraton ini beserta dengan peninggalan-peninggalannya, misalnya terdapat sebuah tandu dengan bentuk kepala burung dan berbadan menyerupai seekor ikan yang melambangkan, “setinggi-tingginya seorang pemimpin dalam kepemimpinannya, tetap harus mampu melihat dan menyelami keadaan setiap rakyat yang berada di bawah tampuk kepemimpinannya.”

Akses Menuju Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di tengah kota Cirebon, tepatnya di jalan Kasepuhan no. 43, Kampung Mandalangan, kel. Kasepuhan, kec. Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Lokasinya yang strategis memudahkan para wisatawan untuk mengunjunginya. Keraton ini hanya berjarak sekitar 30 menit dengan berjalan kaki dari stasiun kereta Kejaksan. Keraton ini juga dapat ditempuh dengan naik angkot D9 dari terminal Harjamukti, Cirebon. Anda juga dapat menyewa kendaraan di sewa mobil Mobilio Cirebon yang dapat memberikan pelayanan terbaik dalam perjalanan wisata anda.

pendopo keraton kasepuhan cirebon

Pesona Utama Keraton Kasepuhan Cirebon

Memasuki keraton Kasepuhan, anda akan disuguhkan pemandangan dengan interior keraton yang sangat indah dihiasi dengan kilauan pernak-pernik serta lampu antik zaman dulu.  Keraton ini memiliki bagian-bagian yang terdiri atas alun-alun, mesjid, museum, dan rumah sultan. Sisi luar keraton berwarna putih megah bergaya Eropa, sedangkan sisi dalamnya berwarna hijau yang identik dengan gaya Jawa lengkap dengan ornamen-ornamennya. Keraton ini dilengkapi dengan arsitektur yang unik di setiap sudutnya. Punya rencana mengunjungi wisata di jogja, kunjungi sewa bus pariwisata jogja murah  visit http://sewabusyogyakarta.com/

Di dalam keraton Kasepuhan terdapat Museum Kereta Singa Barong yang menyimpan kereta kuda peninggalam zaman Kesultanan Cirebon. Di sisi lain, terpampang lukisan antik Prabu Siliwangi. Dalam keraton juga terdapat museum lain yang terletak di sebelah kanan pintu utama keraton. Museum ini menyimpan banyak benda-benda kuno. Dalam museum ini, anda dapat melihat banyak peninggalan berharga, misalnya rebana peninggalan Sunan Kalijaga tahun 1412, gamelan degung dari Banten tahun 1426, serta silsilah keraton Kasepuhan (silsilah Sunan Gunung Jati). Anda juga dapat melihat tengkorak buaya putih dari Kali Krian, ada juga gelas peninggalan VOC tahun 1745. Juga terdapat peninggalan tempat lilin kristal dari Prancis tahun 1738. Bahkan juga ada periasan pengantin dari Kuningan tahun 1526. Ada juga peninggalan baju logam prajurit Portugis yang dirampas pada tahun 1527 juga meriam mini milik Portugis. Masih banyak lagi benda-benda peninggalan yang ada di dalam museum keraton Kasepuhan.

Tak jauh dari gedung utama keraton, anda juga dapat melihat sumur tempat mandi Sunan Gunung Jati. Menurut masyarakat setempat, air yang ada di dalam sumur ini tidak pernah kering. Bahkan airnya dipercaya dapat memberikan rezeki dan wajah anda akan terasa awet muda bila dibasuh dengan air sumur ini.

Kegiatan yang Dapat Anda Lakukan di Keraton

Memasuki halaman Keraton, anda akan dipandu oleh seorang guide yang akan menjelaskan seluk beluk keraton kepada anda. Keraton Kasepuhan memiliki sejarah yang cukup panjang tentang awal berdirinya kerajaan Islam dan lahirnya kota Cirebon. Hal ini memudahkan anda untuk belajar sejarah kerajaan Islam dan cikal bakal kota Cirebon. Anda juga dapat mengajak anak-anak anda untuk berwisata edukasi ke keraton ini sambil mengajarkan kepada mereka sejarah keraton secara umum.

Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan

Anda harus mengusahakan agar kompleks keraton tetap bersih dari sampah pengunjung dan tetap mengikuti aturan-aturan ada di dalam kompleks keraton. Oleh karena keraton ini memiliki hawa yang mistis, anda juga diharuskan agar tidak sekalipun berpikiran kosong untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan.

Keraton Kasepuhan memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Selain berwisata, anda juga belajar ilmu sejarah tentang seluk beluk keraton dan awal kota Cirebon secara umum. Selain objek wisata keraton Kasepuhan, ada juga objek wisata yang tak kalah menarik yang masih mengenai keraton yaitu keraton Kanoman Cirebon. Keraton ini memiliki sejarah yang masih berkaitan erat dengan keraton Kasepuhan Cirebon.