Jalan-jalan ke kota Cirebon tidak lengkap rasanya bila anda tidak berkunjung ke objek wisata Pemandian Cibulan Cirebon. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata tertua di daerah Kuningan. Di lokasi ini anda tidak sekadar berenang, tetapi dengan sensasi yang unik dan berbeda, anda akan berenang bersama dengan ikan dewa yang tidak hanya jinak, tapi juga sakral.

Akses Menuju Kolam Pemandian Cibulan Cirebon

Objek wisata Pemandian Cibulan Cirebon berjarak sekitar 7 km dari Kuningan atau kurang lebih sekitar 28 km ke arah selatan kota Cirebon. Untuk menjangkau destinasi wisata ini, anda mungkin lebih baik menyewa kendaraan di sewa mobil Mazda 2 Cirebon, selain mengantar anda ke tempat wisata anda juga akan menikmati pelayanan terbaik dan profesional dalam perjalanan wisata anda.

Objek wisata Pemandian Cibulan memiliki luas sekitar 5 ha yang terdiri atas 2 kolam besar berbentuk persegi panjang. Kolam pertama kira-kira memiliki luas sekitar 15 x 35 meter, sedangkan kolam kedua dengan luas kira-kira 45 x 15 meter yang dibagi menjadi dua bagian masing-masing dengan kedalaman 60 cm dan 120 cm. Kedua kolam ini dipenuhi oleh ikan dewa.

wisata air pemandian cibulan cirebon

Kekhasan dan Keunikan Pemandian Cibulan Cirebon

Kolam pemandian Cibulan memiliki keunikan dan kekhasan yang tidak dimiliki oleh objek wisata lain. Kolam renang yang ada di lokasi ini dihuni oleh ikan yang berwarna abu-abu kehitaman yang oleh masyarakat yang tinggal di sekitar area wisata menyebutnya ikan dewa atau ikan kancra bodas. Ikan ini selain jinak, juga disakralkan oleh masyarakat. Menariknya, ikan dewa diyakini sebagai ikan istimewa bagi siapapun yang menyentuhnya.

Objek wisata Pemandian Cibulan tidak hanya terkenal dengan ikan dewanya, tetapi juga objek wisata ini memiliki 7 sumber mata air keramat yang memiliki nama Tujuh Sumur. Sumber-sumber mata air ini terletak di sebelah barat kolam. Ketujuh sumber mata air ini membentuk kolam-kolam kecil dan bahkan memiliki nama masing-masing, yakni Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Kemudahan, Sumur Cisadane, Sumur Cirancana, dan Sumur Keselamatan. Menurut cerita masyarakat, terdapat seekor kepiting emas yang menghuni salah satu dari ketujuh sumber mata air keramat tersebut. Apabila anda mujur, anda dapat melihat ikan tersebut yang dapat diartikan bahwa permohonan anda akan dikabulkan.

Ketujuh sumber mata air keramat tersebut terlihat seolah-olah mengililingi sebuah petilasan. Menurut kepercayaan masyarakat, petilasan itu merupakan petilasan Prabu Siliwangi. Petilasan itu memiliki bentuk seperti susunan batu dengan dua patung harimau loreng yang melambangkan kebesaran Raja Agung Pajajaran.

Air yang ada di kolam Pemandian Cibulan ini selalu bersih, bening, sejuk, dan berlimpah dikarenakan semua kolam selalu rutin dikuras dan dibersihkan setiap seminggu atau dua minggu, tergantung dari tingkat kebersihannya. Uniknya lagi, pada saat kolam mulai dikuras, ikan dewa yang ada di kolam akan bermigrasi ke kolam Cigugur, Kecamatan Cigugur yang juga merupakan objek wisata yang mirip dengan Pemandian Cibulan.

Kegiatan yang Dapat Anda Lakukan di Lokasi Wisata

Apabila anda tidak ingin berenang bersama ikan dewa, kegiatan yang dapat anda lakukan di lokasi wisata misalnya dengan mengabadikan momen bersama ikan dewa bahkan sambil memegangnya dengan bantuan pawang ikan.

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Selama Berada di Lokasi Wisata

Menurut kepercayaan masyarakat, ikan-ikan dewa penghuni kolam Pemandian Cibulan tersebut merupakan jelmaan prajurit-prajurit jaman dahulu yang pada waktu pemerintahan Prabu Siliwangi membangkang dan kemudian dikutuk menjadi ikan oleh Prabu Siliwangi. Ceritanya lagi, ikan-ikan dewa ini dari dulu sampai sekarang tidak pernah bertambah atau pun berkurang jumlahnya. Oleh karena itu, sampai saat ini, tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena dipercaya bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut niscaya akan mendapat kemalangan. jika ingin bewisata ke jogja, silahkan hubungi bus pariwisata Jogja visit http://sewabusyogyakarta.com/

Kalau Pemandian Cibulan terkenal dengan ikan dewa dengan 7 sumber mata air keramat yang dapat membawa kemujuran bagi anda, lain halnya dengan objek wisata Telaga Remis Cirebon. Objek wisata ini terkenal mitosnya yang mengatakan air Telaga Remis berasal dari air mata seorang pangeran.

Apabila anda tertarik dengan objek wisata yang terkenal dengan ikan dewanya ini, ada baiknya anda menjadikan objek wisata Pemandian Cibulan Cirebon sebagai pilihan utama destinasi wisata anda saat liburan.